Kenali Penyebab, Gejala, Serta Cara Mengobati Kanker Usus Besar

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan, sehingga kita semua harus selalu waspada dengan penyakit kanker ini. Didalam tubuh kita terdapat banyak sekali sel-sel yang berguna untuk mendukung kinerja organ tubuh. Namun terkadang sel-sel tersebut ada yang tumbuh secara tidak normal dan sulit untuk dikendalikan, dan dari pertumbuhan sel yang abnormal inilah akhirnya muncul penyakit yang disebut dengan kanker. Penyakit kanker ini dapat menyerang organ-organ yang ada ditubuh kita misalnya paru-paru, payudara, otak, rahim bahkan kanker juga akan menyerang sitem pencernaan kita. Bagian dari sistem pencernaan yang sering menjadi tempat berkembangnya sel kanker yakni pada usus.

Baca Juga: Bawang Dayak | Penyubur Kandungan

Pada dasarnya kanker usus besar dibagi menjadi dua bagian yaitu kanker usus halus dan kanker usus besar. Akan tetapi untuk kasus kanker pada usus lebih banyak ditemukan yaitu kanker usus besar daripada bagian usus halus. Kanker usus besar dapat dialami oleh siapa saja, karena penyakit ini tidak mengenali usia penderitanya, namun kanker usus besar paling banyak diderita oleh pasien dengan usia diatas 60 tahun. Kanker usus besar memang tidak bisa dilihat secara langsung oleh mata kita, maka dari itu kita membutuhkan pengetahuan yang lebih banyak mengenai penyakit kanker yang menyerang usus besar kita. Sebab jika kita dapat mengetahui penyakit ini lebih dini, maka pengobatan pun akan lebih mudah dan kemungkinan untuk bisa disembuhkan akan semakin besar. Namun terkadang banyak dari kita yang masih awam dengan pengetahuan masalah kanker usus besar ini, sehingga banyak dari pasien kanker ini baru akan mengetahui kondisi penyakitnya saat sudah memasuki stadium lanjut atau akhir.

Maka dari itu bagi kita yang ingin lebih dalam memahami penyakit kanker usus besar, silahkan ikuti penjelasan mengenai penyebab, gejala, dan cara mengobati kanker usus besar secara lebih detailnya dibawah ini.

 

Penyebab Penyakit Kanker Usus Besar.

 

Terjadinya penyakit kanker usus besar ditandai dengan adanya gumpalan sel yang terletak pada lapisan usus bagian dalam. Setelah itu, akhirnya menyebar dan menghancurkan sel lain yang berada didekatnya, pada kasus yang sudah parah, bahkan sel kanker ini dapat menjalar ke organ lainnya dalam tubuh. Perlu kita ketahui, awalnya sel yang di produksi oleh lapisan usus ini sama sekali tidak berbahya, dan justru menyimpan kegunaan untuk menjaga jalannya fungsi dari tubuh. Namun entah apa yang akhirnya memicu sel baik ini menjadi rusak dan berkembang tanpa kendali.

Beberapa Hal yang dapat meningkatkan terjadinya penyakit kanker usus besar adalah sebagai berikut:

 

  1. Makanan yang Kurang Bersih.

Faktor penyebab kanker usus besar adalah karena kurangnya tingkat kebersihan pada makanan yang kita konsumsi. Terkadang kita kurang begitu menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan makanan, padahal di dalam makanan yang kurang terjaga kebersihannya, akan ada banyak bakteri yang dapat menyebabkan penyakit kanker usus besar. Bakteri ini dapat merubah asam empedu yang akan dikeluarkan oleh tubuh guna membantu proses dalam mencerna lemak namun akhirnya berubah menjadi senyawa yang bisa merangsang pertumbuhan kanker.

Untuk itulah disarankan untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kebersihan makanan sehari-hari. Jangan sampai apa yang kita makan justru menimbulkan efek yang kurang baik atau bahkan membahayakan tubuh kita.

 

  1. Minuman Beralkohol.

Kanker usus besar juga bisa ditimbulkanang oleh adanya kebiasaan buruk kita, yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol. Sebernarnya tidak hanya penyakit kanker usus besar saja yang akan menyerang tubuh kita, namun ada banyak penyakit yang akan datang jika kita masih sering menimum minuman yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol ini dikenal dapat meningkatkan risiko tubuh untuk terserang kanker usus besar. Sehingga sangat disarankan untuk menghindari dan menjauhi minuman atau makanan yang ada kandungan alkoholnya.

 

  1. Pengonsumsian Makanan.

Meskipun makanan merupakan kebutuhan pokok untuk tubuh kita namun ternyata makanan ini juga dapat menjadi salah satu pemicu dari penyakit kanker usus besar dalam tubuh. Makanan yang kita makan memang memiliki nilai gizi yang baik karena akan memberikan fungsinya dalam menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, dari makanan tersebut pula kita bisa mendapatkan pasokan energi, sehingga kita bisa melakukan segala aktifitas sehari-hari. Lalu mengapa makanan ini dapat merangsang pertumbuhan sel kanker? Hal ini dapat terjadi karena adanya sisa-sisa makanan yang diproses melewati usus besar. Sisa-sisa makanan tersebut secara otomatis akan berhadapan langsung dengan sel-sel yang ada di dalam usus besar, kemudian senyawa-senyawa karsinogenik yang ada pada siasa makanan akan sangat berpengaruh pada kondisi sel-sel pada usus besar. Jadi tak heran jika usus besar sering mendapat serangan dari penyakit kanker.

 

  1. Faktor Lingkungan.

Jangan anggap sepele lingkungan tempat tinggal kita, atau lingkungan tempat kita kerja, yang mana dalam lingkungan tersebut kita lebih banyak menggunakan waktu untuk beraktifitas. Ternyata lingkungan kita akan menjadi salah satu faktor penyebab kanker. Sebab karena lingkungan ini akan membawa banyak pengaruh terhadap kondisi tubuh kita, sehingga jika kita hidup dalam lingkungan yang kurang bersih, bekerja ditempat yang banyak terdapat pemicu penyakit kanker maka semua itu dapat berdampak buruk untuk kesehatan kita.

  1. Faktor Keturunan.

Sebenarnya jika dalam anggota keluarga kita ada yang memiliki riwayat terserang penyakit kanker usus besar ini, maka kitapun dapat berpotensi untuk ikut terserang penyakit kanker usus besar ini. Terlebih lagi jika pola hidup kita tergolong buruk, maka kesempatan untuk terkena penyakit inipun semakin tinggi.

Gejala Penyakit Kanker Usus Besar.

Sebaiknya setelah kita mengetahui beberapa penyebab yang dapat meningkatkan risiko terserang penyakit kanker usus besar maka untuk selanjutnya kita bisa mencoba untuk mengenali gejala dari penyakit kanker usus besar.

Dan inilah beberapa gejala yang wajib kita waspadai:

– Penyakit kanker usus besar dapat ditandai dengan adanya darah pada kotoran yang kita keluarkan saat buang air besar.

– Kita juga akan merasakan ketidaknyaman dalam perut kita misalnya sakit perut, perut kembung dan kram perut.

– Cepat merasa lelah, letih, lesu dan kurang bersemangat.

– Perut kita terasa begah dan penuh.

– Diare.

-Sembelit.

-Perbahan konsistensi tinja.

-Penurunan berat badan.

 

Cara Mengobati Kanker Usus Besar.

– Kemoterapi.

Bertujuan untuk membunuh sel kanker, mengecilkan tumor, dan meredakan rasa sakit pada penderita.

– Radioterapi.

Tujuannya sama dengan kemoterapi, namun hal ini dilakukan dengan menggunakan pancaran radiasi.

– Operasi.

Dalam kondisi yang parah langkah ini akan diambil guna meringankan gejala yang ada.

Itulah tadi beberapa penyebab, gejala dan cara mengobati penyakit kanker usus besar. Dan semoga dapat memberi manfaat untuk kita semua.

Kenali Penyebab, Gejala, Serta Cara Mengobati Kanker Usus Besar | admin | 4.5