Pengertian dan Contoh Jenis Pasar

Pasar adalah tempat dimana penjual dan pembeli dapat bertemu untuk melakukan transaksi jual-beli, itulah pengertian secara sederhana mengenai pasar.  Agar dapat dikatakan sebagai pasar, harus memenuhi syarat utama yaitu adanya penjual dan pembeli serta transaksi di dalamnya. Pada pasar konvensional, penjual bertemu secara langsung atau tatap muka dengan pembelinya. Berbeda halnya dengan pasar online atau lebih dikenal dengan marketplace, dan berbagai jenis bisnis secara online yang pertemuan antara dua pihak berjalan melalui perantara gadget sehingga tidak saling bertatap muka. Selain itu, ada banyak jenis pasar yang ada, apa saja jenisnya? Untuk mendapatkan jawabannya langsung saja kita bahas.

 Contoh Jenis Pasar

Contoh Jenis Pasar

Pengertian Pasar Adalah dan Jenis-Jenisnya

Jika mencari pengertian yang lebih luas, pasar adalah tempat dimana orang-orang ingin mendapatkan kepuasan dari barang atau jasa yang dibeli, uang untuk dibelanjakan dan kemauan untuk membelanjakan uang tersebut. Dalam hal ini berarti dasar yang mendorong terjadinya pasar adalah adanya kemauan, daya beli dan sikap dalam berbelanja. Dengan pengetian tersebut pasar dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis berdasarkan waktunya, berdasarkan jenis fisiknya, berdasarkan barang yang diperjualbelikan dan masih banyak lainnya yang masing-masing memiliki segmentasi pasar berbeda.

Ambil saja jenis-jenis pasar yang paling sering dibahas adalah pasar menurut bentuknya yaitu sebagai berikut.

  1. Pasar monopoli yaitu pasar dimana hanya ada satu penjual saja yang menguasai pasar sehingga penjual lain sulit memasuki pasar.
  2. Pasar duopoli, yaitu pasar yang hanya terdiri dari dua penjual yang mengendalikan penjualan barang atau jasa dan menguasai penawaran.
  3. Pasar ologopoli, yaitu pasar yang terdapat banyak penjual namun ada satu yang memimpin pasar untuk mengatur dan mengendalikan harga barang.

Dari pembahasan di atas setidaknya Anda sudah dapat mengambil kesemipulan mengenai pengertian pasar, yaitu pasar adalah tempat terjadinya transaksi antar penjual dan pembeli. Bagi dunia yang sudah modern, masuknya teknologi mengubah bentuk transaksi dan tempat bertransaksi. Namun, hal tersebut tidak mengubah sama sekali makna pasar. Demikianlah ulasan mengenai pasar dan jenis-jenisnya, semoga dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi Anda.

Pengertian dan Contoh Jenis Pasar | admin | 4.5